Staf Ahli M Taufik, Tunggul, saat menghadiri agenda reses di RW 05, Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (17/2/2020) malam. (ist)

THREECHANNEL.CO – Warga RW 05, Kelurahan Kapuk Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, mengaku kecewa terhadap Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Partai Gerindra, Mohamad Taufik. 

Pasalnya, M Taufik yang dijadwalkan hadir pada Senin (17/2/2020) malam, mangkir dari agenda reses. Padahal, para konstituennya di dapil tersebut sangat mengharapkan kesempatan bertatap muka agar dapat menyampaikan aspirasi secara langsung. 

“Waktu kampanye rajin banget, giliran udah kepilih malah lupa sama kita. Nggak heran juga sih, rata-rata wakil rakyat memang begitu. Tapi terus terang kita kecewa,” ujar seorang warga yang mengaku bernama Rosidi.

Walaupun M Taufik mengutus Tunggul, staf ahlinya sebagai perwakilan, hal itu tak mengurangi kekecewaan warga. Sebab, menyampaikan aspirasi langsung kepada M Taufik akan jauh lebih efektif dan efisien dibanding melalui utusannya.

“Beda bang, pokoknya beda, ketemu langsung sama diwakilkan itu beda banget. Tadinya warga di sini udah pada senang Bang Taufik bakalan datang, ternyata enggak datang,” tutur Rosidi mengungkapkan kekecewaannya.

Warga lain yang bernama Amin juga tidak kalah kecewanya dengan ketidakhadiran M Taufik. Menurutnya, apa pun alasan yang bersangkutan, seharusnya anggota dewan yang notabene wakil rakyat tidak menyia-nyiakan masa reses untuk menjaring langsung aspirasi masyarakat.

“Paling alasannya sakit, alasan klasik itu mah. Jangan-jangan sakit perut juga, mencret kayak siapa tuh Sekjen PDIP, iya Hasto. Nah, jangan-jangan Bang Taufik juga mencret mau ketemu konstituen takut ditagih janji-janji politiknya,” ungkap Amin.

“Jangankan terjun ke dapil, rapat di dewan aja masih banyak yang pada bolos. Padahal katanya mereka wakil rakyat, digaji dari uang rakyat,” imbuhnya.

Seminggu sebelumnya, tepatnya pada Senin (10/2/2020), M Taufik diketahui juga tidak menghadiri agenda reses di Jalan Jati 9, Kelurahan Sungai Bambu, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Lagi-lagi ia diwakilkan oleh Staf Ahlinya, Tunggul dengan alasan sedang sakit.

Sebagai informasi, M Taufik terpilih sebagai anggota DPRD DKI Jakarta dari Partai Gerindra, daerah pemilihan (dapil) 3 Jakarta Utara dengan perolehan suara 21.625. (ham)